Senin, 19 Maret 2012

006. Tulisan

GAUL AlAMIAH

MUNTAH JANGAN "DIGANJAL" MINUM

   Secara medis, muntah bisa di bilang sebagai keluarnya isi perut sesorang melalui mulut dan terkadang lewat hidung. penyebab muntah bisa bermacam-macam, mulai dari keracunan sampe tekanan INTRACRANIAL yang meningkat, atau juga penyakit yang serius, bisa jadi juga tkarena efek samping dari obat yang di konsumsi.
   Sementara mual adalah perasaan seseorang yang mau muntah, biasanya saat seseorang yang akhirnya mntah, di sarankan minum, biar nggak terjadi dehidrasi. Butuh cairan untuk mengganti cairan yang udah keluar. bener sih, cuma sebaliknya cairan yang masuk jangan terlalu banyak karena bisa jadi pemicu mauntah yang lebih banyak lagi.
  Kalo mulut berasa enggak enak sehabis muntah, coba berkumur atau minum sedikit air. minum pelan-pelan dan sedikit-sedikit setelah muntah sampe rasa mualnya berkurang. kalo emang harus minum, hindari minuman yang mengandung kafein, susu, atau cairan berlemak, minuman manis malah memperburuk diare.
selain itu, orang yang habis muntah juga harus menahan diri enggak makan makanan asam, peads, dan berlemak. Makanan yang baik berkonsumsi misalnya, biscuit, roti kering, pisang, atau kentang dalam jumlah sedikit dan makannya pelan-pelan.
  Umumnya, anak-anak dan orang tua yang berisiko mengalami dehidrasi sehabis muntah. tanda-tanda dehidrasinya :
                     1. Mulut kering
                     2. detak jantung cepat
                     3. mata cekung
                     4. Kepala pusing dan lesu
Sejauh ini banyak orang beranggapan muntah bukan kondisi yang membahayakan, mungkin ada benarnya, tapi kalau muntah sampai berulang-ulang dan di sertai sakit kepala atau perut di bagian bawah bahkan sampe pingsan, ga boleh nggak harus ke dokter



Sumber : by me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar