Selasa, 01 Mei 2012

41.tugas


  • perilaku organisasi 

  • 1. Perilaku organisasi Tim LPP
  • 2. Organisasi dan OB sebagai open systems
  • 3. Definisi Perilaku Organisasi
  • 4. Pentingnya memahami perilaku organisasi Organizational Level Group Level Individual Level
  • 5. Komponen Perilaku Organisasi Understandingorganizational behavior requires studying Individuals in Organizations Group and Team Processes Organizational Processes
  • 6. Tantangan dalam memahami perilaku organisasi• Perubahan lingkungan sosial budaya – Budaya bangsa – Etika organisasi dan kesejahteraan • Tanggungjawab sosial – Keanekaragaman tenaga kerja
  • 7. Memahami perbedaan budaya Individualism CollectivismHigh power distance Low power distance High uncertainty Low uncertainty avoidance avoidance Masculinity FemininityLong-term orientation Short-term orientationSources: CulturalConstraints in Management Theories (Figure), G. Hofstede, Academy of Management Executive 7, (1993). Reproducedby permission of the publisher via Copyright Clearance Center, Inc.
  • 8. Budaya dan perilaku organisasi Budaya organisasi Ekonomi/teknologi setting  Nilai/etika Societal Culture pribadi Politk/hukum setting  Adat istiadat  Sikap Perilaku organisasi Suku  Bahasa  Asumsi background Agama  Ekspektasi
  • 9. Bentuk Keanekaragaman Tenaga Kerja
  • 10. Result in Attract & Better Retain Problem Talent Solving Keuntungan Enhance beranekaragam EnhanceOrganizational Marketing Flexibility Efforts Promote Creativity & Innovation
  • 11. Tantangan dalam memahami perilaku organisasi• Memasuki lingkungan global – Memahami perbedaan karakteristik global – Global learning• Perkembangan Teknologi Informasi – Informasi – Pengetahuan – Teknologi informasi – Organization learning – Intranet – Kreativitas – Inovasi
  • 12. Tantangan dalam memahami perilaku organisasi• Pergeseran pola hubungan industrial – Downsizing – Pemberdayaan dan self-organized team – Outsourcing – Tenaga kerja paruh waktu
  • 13. ProduktivitasModel Perilaku Organisasi Kehadiran Human Perilaku menyimpang Output Turnover Merasa memiliki Kepuasan Kebijakan & praktek SDM Struktur & desain Budaya organisasi organisasi Level organisasi Group decision making Leadership & trust Change & stress Communication Group structure Teamwork Konflik Power & politik Level Group Karakteristik personal Persepsi Kepribadian dan emosi Pengambilan Motivasi keputusan individu Values & etika Human Input Kemampuan Induvidual learning Level individu
  • 14. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku individu Penilaian kinerja Desain kerjaKomunikasi TugasStruktur organisasi Perilaku Desain organisasi individu
  • 15. Organisasi formal dan informal• Organisasi Formal - bagian resmi, sah, dan yang paling terlihat dari sistem• Organisasi Informal - bagian tidak resmi dan kurang terlihat dari sistem
  • 16. Formal organizationElemen organisasi (overt)formal dan Goals & objectives Policies & proceduresinformal Job descriptions Financial resources Authority structure Communication channels Products and services Social Surface Informal organization (covert) Beliefs & assumptions Perceptions & attitudes Values Feelings, such as fear, joy anger, trust, & hope Group norms Informal leaders
  • 17. Rotary Four-Way Test of What We Think, Say, or Do1. Is it the TRUTH?2. Is it FAIR to all concerned?3. Will it build GOODWILL and better friendships?4. Will it be BENEFICIAL to all concerned?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar