Selasa, 01 Mei 2012

42.tugas


Pentingnya Teori Organisasi dan Manajemen


  HUBUNGAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN.
Berbicara tentang organisasi tidak terlepas dari manajemen. Akan tetapi berbicara tentang organisasi dan manajemen tidak  terlepas pula dari administrasi. Mengapa demikian ? Karena pada hakekatnya organisasi adalah wadah dari administrasi. Sedangkan inti dari administrasi adalah manajemen. Organisasi itu sendiri adalah alat dari administrasi untuk mencapai tujuan. Untuk mencapai tujuan administrasi, organisasi sebagai wadah(dari segi statis) harus digerakkan dengan suatu proses yang dinamis. Proses yang khas dan dinamis ini yang lazim disebut dengan manajemen. Sedangkan orang-orang yang melakukan manajemen atau yang menggerakkan organisasi lazim disebut dengan istilah “manajer”. Secara aplikasi dapat dijelaskan bahwa ruang lingkup administrasi mencakup penetapan tujuan dan kebijakan-kebijak secara umum, sedangkan manajemen dalam ruang lingkup yang lebih khusus dalam arti menterjemahkan kebijakan-kebijakan umum melalui penggerakkan orang dan material guna mencapai tujuan dimaksud yang berlangsung dalam suatu wadah organisasi.
 ISI TEORI ORGANISASI DAN MANAJEMEN.
Ada begitu banyak teori tentang organisasi, namun secara umum teori organisasi berisi suatu standar tentang bagaimana membangun suatu organisasi yang baik, produktif, efisien dan efektif. Teori organisasi memberikan uraian tentang bentuk-bentuk organisasi, baik formal maupun informal, organisasi laba atau nirlaba maupun gabungan keduanya. Struktur dapat berupa lini, lini dan staf, organisasi fungsional dan lain-lain. Teori organisasi memberikan asas-asas organisasi seperti : perumusan tujuan yang jelas, asas departementalisasi, asas pembagian kerja, asas koordinasi, asas pelimpahan wewenang, asas rentang kendali/control, asas jenjang organisasi, asas kesatuan perintah, fleksibilitas, berkelangsungan dan asas keseimbangan.
Sedangkan teori manajemen pada dasarnya menjelaskan bagaimana cara merencanakan, mengorganisasi, mengatur dan mengendalikan sumberdaya organisasi sehingga dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Teori organisasi menjelaskan bagaimana seharusnya seorang pemimpin/manejer dapat berfungsi dengan baik yang didalamnya berisi teori kepemimpinan, fungsi kepemimpinan (perencanaan, perorganisasian, penggerakan dan pengontrolan) bagaimana menggerakkan SDM menggunakan teori motivasi sehingga anggota organisasi dapat menunjukkan kinerja yang produktif dan dapat mendukung

sumber : http://denvercloud.blogspot.com/2011/05/pentingnya-teori-organisasi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar