Jumat, 04 Mei 2012

66.tugas





Apa yang terjadi jika anda memiliki struktur organisasi yang tidak optimal/tidak efektif dan tidak efisien?
 
- Strategi organisasi tidak bisa dieksekusi dengan baik
- Semua sistem susah diaplikasikan
- Biaya organisasi yang tinggi
- Tumpang tindih Pekerjaan
- Tidak ada kerjasama antar unit/fungsi organisasi
- Kekacauan,  tidak jelas tanggung jawab dan peran masing-masing elemen
- Tidak jelas kewenangan
- Saling lempar tanggung jawab
- Program perusahaan selalu timbul tenggelam
 
ANDA SEMUA PASTI PERNAH MERASAKAN KETIKA BEKERJA DENGAN STRUKTUR YANG KACAU
 
APAPUN SISTEM MANAJEMEN YANG ANDA PAKAI KALAU STRUKTUR ANDA KACAU MAKA AKAN PERCUMA DAN SIA-SIA
 
SEBAGUS APAPUN ORANG YANG ANDA REKRUT TAPI KALAU STRUKTUR ANDA TUMPANG TINDIH, TIDAK JELAS MAKA AKAN PERCUMA DAN SIA-SIA
 

Latar Belakang
Ketika organisasi didirikan, tentunya dengan tujuan agar tercapai sasaran sang pendiri atau pemilik organisasi. Untuk itulah dibutuhkan konfigurasi formal yang merekatkan fungsi-fungsi, peran-peran, tugas maupun tanggungjawab dalam bentuk struktur yang disebut sebagai struktur organisasi.
Namun sayangnya, seringkali pembentukan struktur organisasi, belum sepenuhnya mencerminkan  sasaran maupun visi organisasi. Banyak terjadimismatch , mislink dengan sasaran awal berdirinya organisasi. Yang lebih parah, sering tidak mencerminkan prinsip-prinsip dasar (basic principle & best practice) struktur organisasi yang baik. Maka sering terjadi seperti yang ada diatas, tiadanya kerjasama, tumpang tindih (overlap) pekerjaan, biaya tinggi, ketidakjelasan pelaporan dan wewenang, bahkan akhirnya dapat menimbulkan frustasi bagi karyawan di dalam organisasi yang kesemuanya  dapat menyebabkan bencana/disaster bagi organisasi .
Untuk itulah, struktur organisasi yang baik merupakan keharusan, sehingga dalam pembentukan struktur organisasi harus melakukan disain organisasi, baik untuk organisasi baru, maupun restrukturisasi, sehingga tercipta struktur organisasi yang optimal, efektif dan efisien, memenuhi prinsip dasar organisasi serta mampu menggerakan seluruh elemen dan fungsi di dalammnya untuk mencapai tujuan organisasi. Dengan training Mendisain Struktur Organisasi, diharapkan peserta mampu mendisain, membuat, merestrukturisasi struktur organisasi yang efektif, tepat dan efisien sehingga struktur yang dibentuk mampu mencapai semua tujuan tersebut diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar