Jumat, 04 Mei 2012

65.tugas


AUDIT HUMAN CAPITAL MANAGEMENT

apakah organisasi atau perusahaan anda berada pada jalur yang benar (on the right track)?
Apakah organisasi anda mengalami kendala dalam mengidentifikasi mana yang sudah berjalan benar atau tidak?
Apakah organisasi anda tidak dapat mengetahui mana yang memiliki potensi membahayakan/potensi melanggar hukum terhadap aspek-aspek pengelolaan SDM?
Kegagalan dalam hal diatas bisa menyebabkan
  • Kekacauan, tidak jelas mana yang perlu perbaikan mana yang sudah baik
  • Aspek tuntutan hukum karena ketiadaan informasi mana bagian yang melanggar mana yang tidak
  • Tidak mengetahui proses atau langkah aksi yang bisa meningkatkan kinerja organisasi anda
Latar Belakang
Saat organisasi didirikan, tentunya dengan tujuan agar tercapai sasaran sang pendiri atau pemilik organisasi. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka fungsi-fungsi organisasi haruslah berjalan sesuai dengan kaidah, aturan maupun best practice agar organisasi dapat berjalan secara normal dan meningkat kinerjanya dari waktu ke waktu.
Dalam beberapa hal, agar organisasi tetap berjalan normal, perlu dilakukan peninjauan berkala terkait dengan standar, prosedur, keuangan yang mana hal ini sudah lazim dilakukan pada dunia keuangan. Dengan perkembangan teknologi, sistem, manajemen maupun kebutuhan organisasi, fungsi audit sekarang sudah semakin meluas dan melingkupi hampir semua aspek manajemen. Ada audit keuangan, finansial, Information Technology, Safety, Lingkungan, audit energy dan bahkan SDM/ HR atau Human Capital sendiri termasuk obyek yang dapat diaudit.
Aspek SDM atau Human capital merupakan hal yang terpenting, karena merupakan satu-satunya asset yang bila bisa diperoleh, dipelihara dan diberdayakan secara benar, akan meningkat nilainya dari waktu ke waktu. Karena itu, kegagalan mengidentifikasi potensi resiko yang membahayakan tentang system, proses, kaidah, aturan, prosedur tentang pengelolaan SDM/HR/HC yang umumnya harus ditinjau berulang atau secara periodik, dapat menimbulkan aspek hukum yang serius, dan selain itu akan menimbulkan kerugian yang nyata bagi organisasi.
Dengan demikian, dibutuhkan audit HC management, yang merupakan salah satu cara untuk mengenal sejauh mana proses internal, sistem prosedur organisasi sudah memenuhi aspek keamanan baik secara hukum maupun juga membantu mengidentifikasi bagian SDM yang belum berjalan secara efektif dan efisien.  Hal ini  tidak hanya membantu agar sistem dan prosedur tetap memenuhi persyaratan, namun juga membantu aspek finansial perusahaan agar tetap stabil dan mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar