Rabu, 04 April 2012

20.tulisan

EFEK DARI ROKOK




bagi para perokok berat, berhenti merokok itu udah kayak pisah dari pujaan hati.namanya juga udah nyaman berat rasanya di pisahkan. kalo di pisahkan, kalo di paksa pisah pun, bakal menimbulkan reaksinyang kuat, dari fisik dan mental. jadi kalo di siruh putus, bisa di bilang enggak mungkin bisa, kecuali di dasari oleh keinginan yang kuat, tekad, yang buat serta komitmen yang besar dari mereka yang mau berhenti merokok kalo cuma setengah-setengah, bisa malah merokok lagi.
namun, pastinya efek berhenti merokok, jauh lebih positif, 1. berhenti merokok, detak jantung dan tekanan darah yang biasanyameningkat dalam 20 menit pertama akan berasa kalo tekanan darah dan jetak jantung turun dan kembali normal. dan dalam hitungan jam, kadar nikotin dan karbon monoksida dalam darah berkurang, risiko serangan jantung turun, oksigen dalam darah meningkat dan kembali normal.
sehari berhenti merokok, ujun-ujung saraf kembali tumbuh mengarah pada peningkatan kemampuan indra penciuman dan peras. karbon monoksida dan nikotin pun menguap keluar dari badan. sedikit reaksi setelah berhenti merokok setelah 2 hari, biasanya muncul rasa sakit yang timbul di bagian perut berupa mual, dan pengin muntah, namun efek ini bermanfaat angin buat menurunkan risiko kerusakan paru-paru dan kanker paru-paru. Di tambah sehari lagi berhenti merokok, tabung brongkial pun jadi lebih rileks dan bernapas dengan mudah.
2 minngu kemudian, fungsi paru-paru meningkat dan membuat sirkulasi darah juga membaik, buat jalan pun jadi lebih asi. emang sih bakal mincul gejala sakit seprti sakit kepala, cemas mungkin sampe tersinggung. tapi itu ternyata itu enggak lama ko, karena obat anti depresi juga sedang bekerja secara perlahan. lalu sebulan hingga beberapa bulan ke depan, silia di paru-paru mulai berfungsi dengan baik dan membersihkan paru-paru lendir. Diikuti dengan resiko infeksi berkurang.
setahun berhenti mengisap rokok, tentunya risiko menderita penyakit yang berhubungan dengan rokok berkurang 50%, di banding 1 tahun yang lalu dan andai masa itu sudah lewat hingga 10 tahun maka risiko besar akan terkena serangan jantung, kanker paru-paru akan kembali seperti semulaseperti orang yang belum merokok


sumber : kompas.com dan by me 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar