Kamis, 05 April 2012

32.tulisan

PERBANDINGAN MUSIK KOREA DNGAN INDOESIA 

1. Jenis musik

Kalo musik indo, sudah banyak boyband dan girlband indonesia. Contoh boyband, SMASh yang terkenal dengan lagu i heart you lagu ini sebagai lagu favorit penikmat musik indonesia . lagu ini yang sudah menjadi top chart di acara televisi Dahsyat, Inbox, derings dsb membawa  inspirasi terhadap lainnya terutama pada girlband. sebut mereka dengan 7icons lagu yang mereka bawakan pertama kali adalah playboy. Lagu yang berhasil menduduki peringkat pertama Dashyat,Inbox,dll dalam waktu yang cukup lama ini seolah menyihir para penikmat musik Indonesia sama seperti boyband smash.

Sedangkan musik korea? Jelas beda banget. Korea kan lebih ke musik yang bisa dibuat nge-dance gitu. salah satunya grup girlband SNSD atau di sebut girls generation.  Contohnya lagu yang dulu yang berjudul G-ee menduduki peringkat pertama 9 kali berturut-turut dalam chartMusic Bank. salah satu penyelenggara tangga lagu Korea, Miss A dengan lagu breathe. Dengan lagu yang catchy dan dance lucu, girlband yang dikenal punya banyak buanget antifans ini berhasil merebut hati masyarakat korea, termasuk (mungkin) antifans-nya.



2. ‘Bentuk’ penyanyinya

Kalo di indo, ada yang solo, grup vokal, band. Yang paling banyak sih yaa band itu sendiri. Apalagi akhir-akhir ini band baru dengan lagu yang unik berhasil merebut hari pencinta musik tanah air. Gak cuma band, penyanyi solo pun bermunculan sejak kesuksesan Vidi Aldiano tahun lalu. 
Sementara di blantika musik korea jelas beda total dengan indo. Di sana lebih ke boyband atau girlband dengan lagu-lagu cepat plus dance-dance keren. Bertebarannya boybands seperti 2Am, 2Pm, Super junior dan lain-lain membuktikan betapa boyband sangat setia berada di hati rakyat korea, terutama para cewek.  Gak cuma boybands, girlbands seperti SNSDWondergirlsKaraMiss A, t-ara dan lain-lain juga punya tempat di hati penikmat musik korea nggak cuma cowok, cewek pun juga.
 <<< 2pm 

3. Pencipta lagu
bahwa generasi pemusik Indonesia sangat kreatif dan tentunya berkualitas. Soalnya yang menciptakan lagu bukan cuma komposer terkenal seperti Chrisye (alm) atau Melly Goeslaw, melainkan para penyanyi itu sendiri. Apalagi band. Mereka menciptakan dan mengaransemen lagu sendiri, mengirim demo ke label rekaman, dan tentunya menyanyikan lagu itu sesuai dengan style mereka sendiri.Perjuangan yang berat.
Sedangkan untuk korea, yang menciptakan dan mengaransemen lagu hanya komposer saja contohnya seperti SM entertainment, JYPentertainment, dan sebagainya. Sang penyanyi hanya bertugas untuk menyanyikan lagu tersebut. Kalaupun dalam bentuk boyband atau girlband yang mengharuskan mereka nge-dance, dance moves nya juga bukan mereka yang bikin, tetapi ada instruktur dance yang dipekerjakan oleh manajemen mereka. Tapi mengingat ngafalin dance (apalagi sambil nyanyi dan pegang mic) juga susah. Di tambah sanking seriusnya bisa-bisa anggota dance tersebut bisa jatuh karena kelelahan mereka
4. Penampilan para penyanyi
Kalo di Indonesia, kita gak pernah ngeliat tampang atau pun penampilan mereka. para penyanyi ataupun personil band Yang penting musiknya berkualitas, bagus, dan menjual. Terserah mau penyanyinya good looking lah , atau alay lah, yang penting lagu-lagu yang mereka ciptakan dan nyanyikan itu bagus dan enak didengar. Makanya, gue rada bangga sama sikap rakyat Indonesia yang nggak judging a book by its cover dan juga mereka tidak melakukan operasi plastik mereka apa adanya kalo mereka jelek ya jelek, kalo mereka tampan ya tampan, kalo mereka cnantik ya cantik.



Sedangkan di Korea memang banyak yang operasi plastik tapi ada juga yang tidak operasi plastik. Mereka melakukan itu agar mereka kelihatan tampak cantik dan awet muda dan menutupi kekurangan mereka. jangan harap singers disana bakalan laku kalo gak punya tampang yang Ganteng dan dapat memikat para penikmat musik korea. Makanya plastic surgery atau operasi plastik sangat tren di korea, udah kayak orang motong rambut di salon. Tapi harus di akui karena penampilan  mereka yang kinclong itulah yang membuat banyak yang  jatuh cinta sama k-pop.



 << INFINITE





5. Lirik lagu

lirik lagu di musik indonesia terlalu sederhana dan tidak terlalu dalam sehingga mereka tidak dapat mengekspresikan lagu dari tersebut. sehingga dapat di katakan penjiwaan mereka terhadap lirik lagu tersebut sangat kurang hingga akhirnya para peminat musik di indonesia bosan mendengar lagu tersebut. 

Sedangakan di korea lirik lagu tersebut sangat dalam dan gampang untuk di hayati dan lirik yang mereka bawakan itu bisa-bisa sampe berlinang air mata sanking dalamnya lagu tersebut. Ga heran lah kenapa para penikmat musik lebih suka korea ketimbang musik indonesia.





sumber : by me




Tidak ada komentar:

Posting Komentar