Jumat, 20 April 2012

33.tugas


ORGANISASI PADA PERUSAHAAN 

Chester I Bernard : tanggung jawab = kondisi emosi yang memberi rasa tidak puas karena gagal atau karena harus berbuat sesuatu yang sebenarnya tidak terikat.
Flippo : tanggung jawab = kewajiban melakukan fungsi  sesuai arahan & kemampuan.
Graicunas : rentang kendali 5 - 6 bawahan saja.
Wewenang = hak formal menggunakan kekuasaan.
Weber : 3 jenis wewenang = rasional hukumiah, tradisional, dan kharismatik.
Zona wewenang : Herbert Simon = zona penerimaan. Chester Bernard = zona tak acuh.
Struktur adalah pola hubungan komponen-komponen/bagian organisasi. Struktur sifatnya stabil, statis. Proses sifatnya dinamis. Struktur formal terdiri atas :
1.       pola hubungan dan tugas, skema organisasi, deskripsi jabatan
2.       aturan, kebijaksanaan, prosedur.
Struktur formal bisa dikatakan : cetak biru cara kegiatan dilaksanakan.
Organisasi informal dapat adaptif dan inovatif, dapat pula mencelakakan organisasi, misalnya : menyabot pekerjaan, sengaja bekerja lambat, dsb. Diferensiasi tugas : bagian tertentu bertanggung jawab terhadap kinerja tugas khusus. Ada 2 arah a)vertikal, sesuai hierarki,  b)horizontal, departementasi.
Struktur organisasi vertikal bagian dari formal karena ada diferensiasi vertikal dan pembagian kerja dibentuk atas dasar peranan dan fungsi bagi berbagai posisi, perbedaan status/kedudukan antar-tingkat. Posisi vertikal menentukan wewenang, pengaruh, hak istimewa, status, imbalan yang dapat dinikmati, wawasan makin luas, dan keputusan makin strategik. Koordinasi dapat berupa : a)koordinasi hierarki, kegiatan dikaitkan berjenjang b)sistem administrasi, prosedur formal kerjasama otomatis c)cara sukarela. Struktur tradisional kaku dan tidak efisien dengan lingkungan dinamis. Struktur organisasi horizontal yaitu departementalisasi atas dasar : a)fungsi (pemasaran, produksi, personalia dll), b)divisi (produk, lokasi, langganan, waktu, proses, peralatan yang digunakan, dan kombinasinya). Integrasi horizontal akan berhasil bila ada komunikasi setaraf. Struktur Matriks bila ada keterampilan khusus yang makin canggih dan produk berkembang. Kegunaannya : a)waktu terbatas, skedul tetap  b)biaya faktor kritis  c)perlu koordinasi keahlian khusus  d)banyak kegiatan baru bagi anggota tim. Contoh : tukang kayu pada pembangunan gedung A dan B pada waktu sama. Struktur Organisasi Informal  keanggotaannya tidak ditentukan dalam tujuan organisasi.
Herbert A Simon : organisasi informal adalah hubungan antar-pribadi dalam organisasi yang mempengaruhi putusan organisasi tapi tidak ada dalam struktur organisasi. Klik, yaitu kelompok yang merasa lebih unggul, status dan peranannya, norma tersendiri, dsb. Kegunaan organisasi informal bagi organisasi : menjamin kerjasama, mengurangi absen dan rotasi kerja, dan memperbaiki komunikasi.
Perkembangan organisasi informal :
1.       struktur hubungan manusia : kontak langsung dengan bawahan, mengenali bawahan sebagai kelompok dan memanfaatkan organisasi informal
2.       model sumber daya manusia, (Likert) seorang anggota suatu bagian dilibatkan ke bagian lain (membantu). Orang ini bisa sejajar dengan anggota bagian – bisa sebagai pimpinan bagian, tergantung kebutuhan. Strukturnya berla-wanan dengan tradisional fungsinya memaksimumkan fleksibilitas di dalam dan antara posisi yang berinteraksi.
Apabila pemegang saham ingin mempengaruhi jalan perusahaan, harus memperoleh proxies dari pemegang saham lain. Fungsi dewan direksi :
Ø      menentukan tujuan
Ø      kebijaksanaan
Ø      struktur organisasi dan pimpinan
Ø      mengawasi pimpinan.
Saat darurat/khusus dibentuk komite.
Kebaikan komite/panitia :
1.       memungkinkan putusan intuitif kelompok terpadu
2.       ada koordinasi
3.       diperoleh kerja sama
4.       melatih anggota mendapatkan pe-mikiran yang berkesinambungan.
Keburukan komite :
1.       tindakan lambat dan mahal
2.       memecah tanggung jawab
3.       putusan bersifat kompromi.
Komite tidak perlu bila :
1.       putusan harus cepat
2.       putusan tidak begitu penting
3.       personalia berkualitas tidak ada
4.       masalahnya adalah pelaksanaan bukan putusan.
Unit penunjang = unit pelayanan, membantu bagian operasional. Pemisahan unit pembantu dibenarkan demi spesialisasi. Contoh, public relation berguna untuk :
1.       Hubungan baik dengan vested interest
2.       Membuat batasan formal untuk hal penting, luwes untuk yang rincian
3.       Hubungan harian dengan niat baik dan kerjasama
4.       Perhatian ekstra pada kelompok kepentingan yang besar agar yang lain ikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar