ORGANISASI PERUSAHAAN
Teori Klasik : organisasi sebagai struktur formal hubungan kekuasaan, tujuan, peranan, kegiatan, komunikasi. Menekankan pentingnya : rantai perintah, disiplin, aturan, dan supervisi ketat – mekanistik struktural kaku bukan kreativitas. Terdiri dari :
A. Teori BIROKRASI : MAX WEBER. Dikembangkan dari ilmu sosiologi (Kapitalis-Protestania). Kata birokrasi berasal darilegal-rasional. Legal = wewenangnya dari aturan, prosedur, dan peranan. Organisasi Rasional = rasional dalam penetapan tujuan dan rancangan. Karakter "birokrasi" Weber :
1. Pembagian kerja (utama)
2. Hierarki wewenang
3. Program rasional
4. Sistem dan prosedur
5. Aturan, hak & kewajiban
6. Hubungan pribadi imparsonal (masalah pribadi dipisah dengan masalah formal).
B. Teori ADMINISTRASI : HENRY FAYOL. Kegiatan industrial :
1)teknikal (produksi, pengolahan)
2)komersial (pembelian/penjualan)
3)finansial
4)keamanan
5)akuntansi
6)manajerial.
Jumlah karyawan sebagai penentu bentuk umum organisasi.
URWICK dan GULLICK : efisiensi dan rasionalitas.
MOONEY dan REILY : 3 prinsip organisasi :
a) koordinasi (utama)
b) skalar/hierarki
c) fungsionalisasi tugas.
C. MANAJEMEN ILMIAH, FREDDERICK TAYLOR. Ergonomi : perekayasaan mesin-manusia, manajemen ilmiah adalah :
1) penerapan metode ilmiah
2) seperangkat teknik.
D. ANATOMI ORGANISASI
1. Desain : a)sistem kegiatan terkoordinasi b)kelompok orang c)kerja sama
2. Dasar organisasi : a)kekuasaan bisa demokratis bisa otokratis b)saling melayani sebagai legitimasi sosial c)doktin d)disiplin
3. Tiang dasar organisasi Klasik : a)spesialisasi (tiang utama), b)proses skalar (rantai perintah) dan fungsional (hubungan horizontal), c)struktur (lini : operasional dan staf : pendukung lini), d)rentang kendali (flat dan tall).
Teori Neoklasik : organisasi sebagai kelompok orang informal dengan tujuan bersama.
sumber : https://sites.google.com/site/kuliahorganisasiperusahaan/
sumber : https://sites.google.com/site/kuliahorganisasiperusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar